TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

April 16, 2023



 SMKN 1 Kras Kediri Jawa Timur adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang menyediakan program keahlian teknik komputer dan jaringan. 

 Program keahlian ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswa SMKN 1 Kras untuk menjadi tenaga ahli di bidang teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam hal pengembangan dan pemeliharaan jaringan komputer, sistem informasi, dan perangkat lunak.

Dalam program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMKN 1 Kras, siswa akan mempelajari berbagai keterampilan dan pengetahuan teknis, seperti:

- Pemrograman komputer

- Konfigurasi jaringan

- Manajemen basis data

- Dan pengembangan aplikasi. 

Selain itu, siswa juga akan dilatih untuk mengembangkan keterampilan soft skills, seperti kerja sama tim, komunikasi, dan keterampilan manajemen waktu.


 SMKN 1 Kras Kediri juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan peralatan, seperti laboratorium komputer dan jaringan, peralatan simulasi, dan perangkat lunak yang terbaru. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi siswa, sehingga mereka dapat menjadi tenaga ahli yang handal dan siap bersaing di dunia kerja.

 Secara umum, program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMKN 1 Kras Kediri Jawa Timur memberikan peluang yang baik bagi siswa untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk memulai karir di bidang teknologi informasi dan komunikasi.


Keunggulan Jurusan TKJ

Berikut beberapa kEunggulan jurusan TKJ yang perlu kamu tahu agar makin mantap untuk mengambil jurusan ini di SMK.

1. Bisa Belajar Tentang Sistem Operasi

Dengan mengambil jurusan TKJ, kamu bisa mempelajari secara detail mengenai sistem operasi. Bahkan, kamu juga bisa belajar mengenai instalasi OS, sistem kerja user, hingga partisi harddisk dan konstruksi.

2. Mempelajari Jaringan

Di TKJ, kamu juga bisa belajar mengenai jaringan komputer, lengkap dengan berbagai macam tipologinya. Misal seperti server, IP address, sampai jaringan lokal.

3. Dibekali dengan Skill Troubleshooting

Skill troubleshooting yang dipelajari di jurusan ini yang membuat siswa SMK jurusan TKJ istimewa. Dengan skill ini, kamu bisa mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada pada harddisk, RAM, hingga CPU.

4. Adanya Praktik Kerja

Seperti halnya jurusan SMK lainnya, membuat siswa SMK jurusan TKJ juga diwajibkan untuk PKL atau magang. Dengan magang, kamu bisa menambah wawasan mengenai dunia kerja. Kamu juga bisa merasakan segala permasalahan nyata yang ada di dunia sehari-hari dan berkaitan dengan TKJ. Jadi, kamu tidak hanya pandai mengenai teori dan keahlian, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman nyata di dunia industri

5. Memiliki Peluang Kerja yang Bagus Setelah Lulus

Umumnya, setelah magang kamu bisa mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan. Itulah mengapa lulusan SMK, khususnya jurusan TKJ, lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan.

Prospek Kerja Jurusan TKJ

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jurusan TKJ mempunyai peluang kerja yang besar setelah lulus. Apalagi, banyak perusahaan yang membutuhkan skill yang dimiliki siswa jurusan TKJ.

Kamu bisa bekerja sebagai teknisi komputer, teknisi jaringan, administrasi server, system analyst, hingga data entry.

Dengan materi pembelajaran mengenai jaringan dan komputer ditambah pengalaman PKL, kamu bisa bersaing di dunia industri. Bahkan, lulusan SMK jurusan TKJ juga bisa membuka usaha sendiri seperti toko komputer/laptop, membuka jasa servis komputer, dan lain sebagainya.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Volta Responsive Theme

Flickr Images